Minggu, 12 Januari 2014

Langkah Gampang Menyusun PTK

Pertanyaan beberapa guru saat akan menulis penelitian tindakan kelas, atau karya ilmiah yang lain adalah "Mulai dari mana?"

Pertanyaan berikutnya adalah "bagaimana menemukan metode yang menyenangkan saat di kelas?"

Menulis penelitian tindakan kelas, mulailah dari tulisan jurnal harian, suka nulis buku harian kan? kalau tidak, sekarang mulailah menulis setiap kejadian yang ada di kelas, setelah Bapak Ibu guru melaksanakan lesson plan yang telah dibuat

Asumsi saya semua guru membuat lesson plannya sendiri, tidak copas, paling tidak di langkah pembelajaran jangan copas, cobalah mencari dari berbagai sumber bagaimana menjelaskan satu materi dengan menarik dan mendalam, sehingga anak anak menyukai belajarnya.

Mulai menulis jurnal harian yuuk...
* Tentu di jurnal harian tadi Bapak/Ibu akan menulis kondisi kelas, bagaimana karakter anak anak di kelas, ramaikah, tenangkah, anak anak dengan nilai akademis tinggi atau rendah, anak anak yang suka belajar atau tidak, dari latar belakang kondisi anak tersebut, kemudian dijadikan dasar untuk membuat langkah pembelajaran yang "jitu" di kelas tersebut --

* Tulis apa adanya di jurnal harian tadi, semua yang terjadi sebelum dan sesudah Bapak/Ibu melaksanakan langkah "jitu" tersebut, tulislah sejujurnya baik buruknya. Kalau menurut pengalaman saya sih, biasanya akan banyak kejutan yang tidak diharapkan dari langkah pembelajaran yang saya lakukan. Kejutan yang tidak diharapkan ini sangat menyenangkan dan memperkaya saya dan anak anak -- jadi tenang saja :)

Ini contoh tulisan jurnal harian saya http://untukanakbangsa.blogspot.com/2013/08/lukisan-lukisan-masterpiece.html

Nha dari jurnal harian ini, baru deh di ilmiahkan untuk bikin essay atau artikel ilmiah atau Penelitian Tindakan Kelas

Bagi saya penelitian tindakan kelas bukan tujuan akhir, maksud saya, awalnya niat saya hanya ingin membuat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna buat anak anak, dan  kemudian jika saya ingin mempertanggungjawabkannya secara ilmiah baru deh saya bikin penelitian tindakan kelas atau artikel ilmiahnya

Langkah-langkahnya .. ;)
Pertama; saya tinggal merapikan saja tulisan berantakan di jurnal harian saya. dibikin bahasa yang lebih serius dan ilmiah --- contohnya bisa dibaca di buku saya hehehe.... *ngiklan.. ;)

BAB 1 di Pendahuluan berisi latar belakang masalah, masalah penelitian, tujuan penelitian dan manfaat penelitian
nha kondisi anak anak saya di kelas saya lengkapi, plus data nya misalnya data nilai akademis mereka sebelum saya beri langkah jitu tadi

BAB 2 berisi kajian pustaka
Kalau permasalahan yang saya angkat misalnya Upaya peningkatan hasil dan aktivitas belajar materi jurnal umum dengan metode MAM Arts semester 1 dst
maka ada 4 konsep kunci disini yang harus di cari definisi konsepnya, yaitu hasil belajar, aktivitas belajar, jurnal umum dan metode MAM Arts

BAB 3 metode penelitian, berisi obyek dan subyek penelitian, langkah penelitian, pengukuran data dll

BAB 4 baru deh dibahas, kuncinya sesuaikan analisa dan bahasan ini dengan masalah penelitian yang diusung di BAB 1 tadi, disini peneliti lebih bebas membahas hasil analisisnya
BAB 5 simpulan dan saran

Gimana gampang kan?...

Kalau mau lihat contoh lengkap bagaimana dari jurnal harian bisa jadi penelitian tindakan kelas, bisa disimak di buku saya ini

Semangaaattt!!...(^.^)/...

1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya

    Blognya Keren dan Salam Kenal

    Blogwalking Web Kimia SMK Asyik
    Di
    http://www.trigpss.com/

    BalasHapus