Kamis, 18 Juni 2015

Sekarang Makassar

Tiket nya - baru kali ini nih ada yang beginian
bagus ya :), like a pro
Jet Lag kelamaan, bikin saya baru bisa menuliskan perjalanan saya ke Makassar sekarang

Berangkat dari Semarang, dengan Garuda keren ya, tapi ini memang tiket super deal nya Garuda Indonesia, paling murah diantara yang lain, sudah gitu langsung Semarang Makassar via Juanda Surabaya tanpa transit, cuma berhenti 20 menit di Surabaya ngisi bahan bakar

Ini pengalaman pertama saya, seumur umur, baru kali ini menginjakkan kaki di daratan Sulawesi, kalau Sumatera, sudah sedari kecil setahun sekali pasti ke sana, karena nenek ada disana, tapi Sulawesi ini pertama kalinya

Pesawat GA 367 Jet Bombardier 96 penumpang berangkat dari Semarang pukul 17:25 WIB tanggal 14 Juni 2015 dan tiba di Makassar pukul 22:35 WITA yang kalau dicatatan waktu WIB nya 21:35. Tim Erlangga kasihan menunggu saya sampai satu jam lebih ... *maaf :)

sebelum membahas guru guru di Makassar, saya mau acungi jempol profesionalitas tim Erlangga, dari pertama kali bergabung dan jalan jalan dengan mereka, saya selalu sendiri, tapi mereka tim solid, baik dan sopan, mereka bertanggungjawab dari menjemput di bandara sampai mengantar kembali ke bandara- bayangkan saja, seperti waktu di Bengkulu, perjalanan Bengkulu - Muko Muko memakan waktu hampir 8 jam perjalanan, demikian juga dengan Krui Lampung, dari Tanjungkarang skitar 7 jam, saya tiba di penginapan sudah jam 12 malam, bahkan Muko Muko hampir jam 1 malam, Alhamdulillah nyaman, karena saya bisa tidur nyenyak di perjalanan hehehe.... *dasar tukang tidur
Saya bisa tenang jalan jalan dengan mereka... TOP dah

Makassar ini seingat saya memang paling heboh, peserta membludak hingga 325 orang, dari SD - SMA se kota Makassar dan sekitarnya. Kata sekitarnya ini bisa dari kepulauan sekitar Makassar, bayanginnya jangan deket kayak surabaya - madura ya, jauuuhhh, ... ada lagi yang jarak tempuhnya 50 km dari tempat pertemuan ya,.. standing ovation untuk semangat belajar guru guru Makassar
Ini Contohnya, peserta berasal dari SMPN 5 Satap Liukang Tupabbiring,
tempat pelatihan di SMKN 4 Makassar. Keren yaa ...
kata mereka, untuk menuju ke Makassar, naik pesawat kecil 2 jam perjalanan
Kegiatan kali ini diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris dan Matematika SMK se Kota Makassar, yang setahun lalu baru dibentuk, dan yang membentuk tepatnya yang memprovokasi adalah Tim Pemasaran Erlangga Makassar.... hehe sambil menyelam minum air ya, untuk pemberdayaan dan pengembangan guru guru di Makassar juga sambil jualan buku, TOP dah

dan baru kali ini juga, saya ngomong di depan ditemenin oleh Juara 1 guru berprestasi tingkat nasional 2013, juga peraih satya lencana Presiden, ibu Agussari Henny guru Bahasa Inggris SMKN 7 Makassar, hebatnya lagi beliau Ibu 7 putra lho...
ayo ayo yang alasan gak sempat nulis karena mengurus suami dan anak, ibu Henny berputra 7 tapi bisa jadi guru berprestasi tingkat nasional dan rajin menulis karya ilmiah
Ibu Henny presentasi terlebih dahulu, untuk memotivasi peserta untuk menjadi guru profesional, sosial, berkepribadian dan pedagogik. Terus terang saya keasyikan mendengar presentasi bu Henny, beliau low profile, saya masih pingin banyak belajar dari bu Henny :)

Setelah sessi bu Henny, mulai deh saya memprovokasi guru guru ...
seperti biasa sebelum mulai saya mesti tahu dulu pesertanya bagaimana dan gimana, saya minta peserta menulis, pernah menulis karya ilmiah selain skripsi dan tesis? kendala menulis selama ini apa? bagaimana mengatasi kendalanya? apa tujuan mengikuti workshop? dari jawaban peserta saya bisa memetakan dan memperkirakan kebutuhan mereka.
Tapi selama ini hampir sebagian besar jawabannya sama, malas, tidak punya waktu, tidak tahu harus mulai darimana dan referensi kurang, ada juga yang menyalahkan sekolah tidak representatif dan tidak pernah ada pelatihan, tidak ada yang membimbing... ehem untuk yang terakhir itu, peserta saya tantang wuih... iyalah gedean saya badannya hihihi.. saya akan berikan bimbingan gratis, tulisan nya di email ke saya, jangan PHP in saya ya, begitu saya bilang ke peserta ... GRATIS lho, eh tunggu .. saya tidak membuatkan lho ya, cuma memberi masukan

Ah jadi inget, karena ada nih peserta dari sebuah kota, yang beberapa minggu setelah pelatihan telpun saya, meminta saya membuatkan PTK nya, pokoknya untuk ibu beres deh.... *sedih bangett

Saat sesi tanya jawab adalah saat yang paling seru bagi saya, karena disana guru guru mulai bisa berdiskusi mengukur kepahaman tentang materi dan ada permintaan unik, jadi peserta tidak mau nulis, tapi mereka minta langsung saya yang nulis, saya memberikan contoh langsung nulis PTK. Ada tiga peserta yang meminta, setelah perdebatan antar peserta, (karena ada dua orang yang ingin mengikuti proses menulis yang saya berikan) dan pada akhirnya, karena peserta adalah subyek pembelajaran, saya akan ikuti permintaan bapak ibu peserta - saya membuat draft PTK di tempat -

So Far, guru guru Makassar semangat nya luar biasa.... dan sekarang saya masih menanti tulisan mereka.. Semangaaatt!! (^.^)/..



ini peserta yang dateng ke tempat pertemuan dengan pesawat, menempuh waktu 2 jam perjalanan


sebelah kanan saya itu ibu Agussari Henny, keren yak..



Yang berdasi, sebagian tim Erlangga Makassar
Thx uuu :)

gimana gitu rasanya, buku nya dibaca ...


antri tanda tangan dan antri foto bareng :)
hihihi 

Sebagian panitia, yang paling sibuk dan yang paling capek...
Big Thanks love uuu :)

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum, mba Amelia, semoga mba amel nggak lupa guru komputer akuntansi myob, smkn4. saya udah coba nyusun PTKnya sesuai contoh yang mba dah jelaskan cuman belum selesai jg. mba boleh minta tolong contoh PTK komputer akuntansi MYOB, karena yg ada contohnya PTK Spread Sheet. :)

    BalasHapus