Sabtu, 11 Mei 2013

Yakinlah!! *Cerita lahirnya buku ini... :)

Proses belajar menulis yang saya lakukan sampai sekarang berawal dari keinginan untuk mengetahui apa yang terjadi sesungguhnya pada murid murid saya, mulai dari menyebarkan kuesioner, dan mencoba membuatnya menjadi ilmiah agar dapat dipertanggungjawabkan, hingga curahan hati dan keresahan yang terjadi saat saya berada dalam sistem sekolah tersebut. Semua awalnya saya tuliskan dalam note saya di FaceBook, yang akibatnya sempat menimbulkan kontroversi di tempat saya bertugas, hingga saya harus menghadapi berbagai pertemuan dengan kolega untuk memberikan penjelasan mengenai tulisan tulisan saya tersebut.


Dari sana kemudian saya berpikir untuk membuat blog http://untukanakbangsa.blogspot.com/, agar apa yang saya tulis tidak hanya dinikmati oleh teman teman FaceBook saja, namun semua teman teman di seluruh Indonesia bahkan dunia.
Saya memulai membuat blog tersebut tanggal 24 Oktober 2010, niatan awalnya agar semua yang saya lakukan di kelas bersama anak anak, kegagalan, kesalahan yang saya lakukan, reaksi anak anak di kelas-yang biasanya tidak terprediksi- dapat di lakukan juga oleh teman teman guru di seluruh Indonesia, sehingga saya dan teman teman guru dimanapun berada bisa saling belajar dan sharing.
Saya tidak menyangka bahwa tulisan tulisan saya tersebut mulai disukai

Seperti yang tertulis di surat 65 Ath Thalaaq ayat 3 --Dan Dia memberi rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Dan itulah yang terjadi pada diri saya,

Tanggal 14 Desember 2011, saya menerima email dari Wisnu Chandra, waktu itu beliau mengaku sebagai editor Esensi Erlangga Group, inti isi suratnya beliau menyukai tulisan saya di blog ini terutama mengenai pembelajaran yang menyenangkan, ada yang salah, sepenggal proses belajarku dan lainnya
Pembicaraan terus berlanjut, hingga sebulan kemudian tepatnya 24 Januari 2012 beliau menghubungi saya lagi dan meminta saya untuk menulis tentang Penelitian Tindakan Kelas. Saya termasuk orang yang tidak pernah berpikir kendala dan hambatan dan hal hal negative lainnya, jadi apapun yang tugas yang diberikan kepada saya, selalu saya iyakan walau terkadang ada pekerjaan yang sama sekali tidak saya mengerti, kan ada google, intinya saya yakin, kalau itu untuk kebaikan bersama, pasti Allah menunjukkan jalan-Nya
Saya menulis buku ini lebih kurang 6 bulan plus tambahan di sana sini berdasar permintaan Penerbit, karena setelahnya saya berhubungan dengan dua editor yang lain Rizal Pahlevi dan Rusyda Fauzana, lebih kurang proses menulis, editing, kontrak penerbit penulis, proof hingga terbit memakan waktu hampir 15 bulan.
Saya cukup puas dengan buku ini, dan sangat berterimakasih dengan teman teman editor juga Pak Wisnu Chandra, di buku ini disamping mengajak teman teman guru menulis penelitian tindakan kelas, yang utama adalah saya bisa mengungkapkan berbagai keresahan pembelajaran yang sering saya hadapi, buku ini hanya 96 halaman, tapi cukup lengkap, seperti yang seharusnya tertulis di halaman belakang buku

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan sebuah metode penelitan kualitatif yang mendorong para guru menjadi reflektif dalam praktik mengajar. Penelitian tindakan kelas tidak berupaya menemukan apa yang salah namun lebih pada sebuah pencarian pengetahuan bagaimana menjadi lebih baik dalam praktik mengajar di kelas. Begitu pentingnya melakukan PTK ini sehingga Penelitian Tindakan Kelas dijadikan salah satu bentuk karya ilmiah yang dipersyaratkan dalam Penilaian Angka Kredit saat kenaikan pangkat guru mulai golongan III/b  keatas. Sebagian besar guru, merasa kesulitan saat melakukan PTK, padahal sesungguhnya gampang, karena mereka mengalami dan melakukan sendiri aktivitas pembelajarannya di kelas. Buku ini menunjukkan bagaimana menyusun PTK, mulai dari awal dengan langkah langkah yang jelas dan sistematis. Ditambah penjelasan lengkap mengenai metode pembelajaran, juga link-link inspiratif penambah ide pembelajaran, bagaimana mengajukan PTK kedalam jurnal ilmiah, lengkap dengan alamat dan selingkungnya, juga evaluasi dari tim penilai PTK mengenai kesalahan yang biasa dilakukan saat membuat PTK. Buku ini dilengkapi dengan bonus CD yang berisi laporan penelitian yang sudah dipublikasikan, sehingga membuat penyusunan PTK menjadi lebih gampang.

Gaya penulisan buku ini saya buat ringan, sehingga tidak membosankan, ditambah beberapa pengalaman belajar bersama murid murid saya di kelas, yang paling saya suka dalam buku ini adalah keinginan saya untuk merubah paradigma pendidikan dapat tersampaikan, dan tersambung baik dengan cara dan tujuan membuat penelitian tindakan kelas, karena penelitian tindakan kelas sesungguhnya dapat membantu Guru untuk menjawab permasalahan yang dihadapinya di kelas.

Saya pernah menulis beberapa, namun baru kali ini saya merasa cukup puas dengan tulisan di buku ini. Bukan karena saya penulisnya sungguh, saya selalu menyukai saat membaca kembali buku ini.

Semua karena Allah yang menuntun pak Wisnu Chandra melihat dan membaca blog saya, yang menggerakkan hatinya untuk kemudian mengirimkan email ke saya hingga Allah memberikan segala kemudahanNya atas terbitnya buku ini
Terimakasih pak Wisnu Chandra, Rusyda Fauzana dan Rizal Pahlevi Hilabi, semoga dengan terbitnya buku ini dapat bermanfaat bagi teman teman guru dimanapun mereka berada, semoga Allah selalu memberikan Berkah dan Ridhonya kepada kita semua. Aamiin.

2 komentar:

  1. Semoga Allah 'Azza wa Jalla memberikan kemudahan kepada kita dalam segala urusan dunia dan akhirat. Aamiin :)

    BalasHapus