Selasa, 28 Mei 2013

Guru Guru Serai Serumpun dan Tebo Ulu yang Luar Biasa!!

Kemarin Selasa 28Mei 2013, adalah hari yang luar biasa, perjalanan panjang dari tempat penginapan saya di Plaza Bungo Hotel Kab. Bungo Jambi ke SDN 28 Pulau Temiang Kab. Tebo ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan darat, jalan berliku, berkelok, naik turun, menembus hutan dan berlubang seruu pokoknya hehe...
SDN 28 Pulau Temiang ini termasuk SD inti, atau semacam SD percontohan, yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya guru guru SD di dua kecamatan yaitu Kecamatan Serai Serumpun dan Kecamatan Tebo Ulu untuk mengadakan koordinasi, pertemuan MKKS SD dan kegiatan kegiatan guru yang lain.
Yang membuat saya kagum adalah, semangat para guru ini untuk hadir ke tempat ini, mereka datang dari jauh, ada yang 50 km, 20 km dari tempat ini, lewat jalan darat yang berlumpur.



Peserta pelatihan PTK kali ini berjumlah 170 orang terdiri dari guru dan kepala sekolah SD seluruh kecamatan Serai Serumpun yang berjumlah 11 SD dan Kecamatan Tebo Ulu berjumlah 28 SD dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Ibu Tri Harjanti dari SDN 201/VIII Pinang Belai mengungkapkan bahwa mereka guru guru disini jarang sekali menerima pelatihan dari Diknas, terutama penulisan karya ilmiah apalagi mengenai penelitian tindakan kelas ini.
Hal ini dibuktikan ketika saya menanyakan apakah diantara guru dan kepala sekolah yang ada disini, kurang lebih 170 orang pernah membuat Penelitian Tindakan Kelas? Ada dua orang guru yang menyatakan pernah membuat tetapi masih ragu apakah PTK yang dibuat sudah benar atau belum karena tidak ada yang membimbing. Selebihnya tidak mengetahui PTK itu apa dan seperti apa.

Bersama anak anak SDN 28 Pulau Temiang
Pelatihan ini berjalan dari pukul 9 hingga 3 sore, mereka selesai membuat BAB 1 Pendahuluan dan BAB 3 Metode Penelitian, untuk BAB 2 tidak dapat diselesaikan hari ini juga karena butuh banyak buku buku referensi, namun paling tidak mereka paham apa yang harus dilakukan dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas, mereka juga paham bahwa menyusun Penelitian Tindakan Kelas itu Gampang.
Target saya di setiap pelatihan membuat teman teman guru dapat merancang pembelajarannya dengan baik sebagai dasar penyusunan penelitian tindakan kelas. Karena tanpa action atau tindakan di kelas, penelitian tindakan kelas tidak akan dapat disusun dengan baik dan benar.

Berikut beberapa testimoni teman teman peserta pelatihan kemarin
Sebenarnya testimoni ini sebagai bahan evaluasi saya, pertanyaan saya kepada peserta adalah apakah tujuan mengikuti pelatihan ini sudah tercapai, jika sudah bagian apa yang tercapai jika belum bagian apa yang belum


Suyono
Kepala SDN No. 43/VIII Malako Intan
Saya sudah dapat membuat BAB 1 Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, identifikasi masalah, masalah penelitian, tujuan dan manfaat, yang belum di BAB II cara menentukan konsep/teori yang akan diusung.
(khusus pak Suyono, langsung saya jelaskan cara menentukan konsep/teorinya saat itu juga)

Tri Harjanti
SDN 201/VIII Pinang Belai
Tujuan mengikuti seminar dan workshop PTK ini sudah mengerti cara menyusun mulai BAB I dan BAB III. untuk BAB II sudah mulai paham sedikit karena kesulitan mencari referensinya. Mohon bimbingan bu Amel supaya saya mampu membuat PTK dengan benar.
Yang belum paham InsyaAllah akan saya pelajari dari buku Ibu, dan tahun ini InsyaAllah saya akan membuatnya.

Wilan Puspita Sari
SDN 206/VIII Bukit Pamuatan
Tujuan mengikuti Workshop PTK sudah tercapai, gambaran langkah-langkah membuat PTK sudah mulai tahu. Bagian Bab I, Bab II dan Bab III sudah mulai terbayangkan untuk dicoba membuatnya

Eni Setyowati
SDN 225/VIII Sakomakmur
Tujuan saya mengikuti workshop PTK ini secara lisan sudah tercapai sebagian, tetapi secara tertulis kami masih perlu banyak latihan dan bimbingan. bagian yang sudah tercapai adalah Bab 1 dan Bab 2, bagian Bab 3 masih belum jelas, karena kepala saya sudah pusiiing menahan kantuk. Tapi akan saya pelajari lagi nanti di rumah. Saya harap masih ada lanjutan dari workshop PTK ini.

Eli Yulinar
SDN 25/VIII Bungo Tanjung
Tujuan Saya mengikuti workshop ini saya sudah mengerti apa itu PTK dan langkah langkah pembuatannya, yang digunakan guru dalam memecahkan permasalahan yang ada di dalam kelas, bagian yang sudah tercapai Bab I dan Bab III.
Saya berharap kita bisa bertemu lagi, terimakasih atas semua ilmu yang telah ibu berikan kepada saya



Nani Yusepa
SDN 28 Pulau Temiang
Tujuan saya mengikuti workshop PTK ini sudah tercapai yaitu saya sudah mulai mengerti tentang langkah-langkah dalam pembuatan PTK yang benar. Saya menyadari belum sepenuhnya paham, namun dengan adanya buku panduan dan penjelasan dari Ibu yang telah membuka wawasan saya, saya akan berusaha mencoba. Yang saya rasa masih kurang hanya dalam pengaturan waktu dan dalam merancang kata kata atau kalimat kedalam bentuk tulisan
Dalam menyajikan materi dari Narasumber saya cukup senang karena kata kata yang ibu gunakan sangat mudah dimengerti







Tidak ada komentar:

Posting Komentar