Rabu, 26 Juni 2013

Hebatnya Guru Guru TK

Rabu, 26 Juni 2013 kemarin, saya belajar bersama guru guru TK se Kecamatan Candisari Semarang. Acara  terjadwal jam 08.00 namun mereka sudah hadir sejak jam 07.00 pagi. 

Ada sekitar 120an guru TK disini, dan mereka ingin sekali belajar cara menulis Penelitian Tindakan Kelas, juga memperbaiki KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar di kelas.


Mereka guru guru yang hebat dan kritis, sehingga saat sesi satu dan sesi dua kami banyak berdiskusi tentang bagaimana menulis penelitian tindakan kelas, dari kegiatan belajar mengajar yang mereka lakukan di kelas.


Mereka terus bertanya dan mencoba meminta koreksi atas apa yang mereka tulis. Hingga tidak disadari waktu berjalan begitu cepat.


Pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas dari NOL memang tidak bisa serta merta dilakukan dalam waktu satu hari atau 6 jam dan dengan jumlah peserta yang banyak. Hampir semua guru TK ini mengeluhkan waktu yang begitu cepat dan pelatihan yang begitu singkat.


Ada tiga kunci yang dijadikan modal untuk melakukan penelitian tindakan kelas yaitu pengetahuan guru mengenai kondisi awal siswanya, referensi pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran dan media pembelajaran yang banyak dan yang ketiga adalah penguasaan berbagai assesment atau penilaian pembelajaran


Hal hal tersebut terutama opsi kedua menjadi kendala yang cukup berarti bagi guru guru tidak hanya di Semarang ini namun di pelatihan pelatihan sebelumnya, saat saya minta mereka menuliskan lesson plan atau RPP atau RKH sebagian besar dari mereka kebingungan menentukan langkah langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.


Beruntungnya guru TK/RA mereka guru guru yang sangat kreatif dan adaaa aja idenya untuk melakukan pembelajaran di kelas. Bisa dilihat kan setiap kali melihat di kelas kelas anak anak TK/RA banyak sekali kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode dan media yang dilakukan oleh para guru TK/RA

Kesulitan mereka  adalah bagaimana cara menuangkannya didalam bentuk tulisan, saya coba menuntun langkah demi langkah dan beberapa guru berhasil menuliskannya dengan baik. Untuk ukuran yang baru pertama kali menulis penelitian, saya terkagum kagum dengan semangat beliau beliau para guru ini.


Semangaaatt!!....Menyusun PTK itu Gampaaaaaangggg... (^.^)/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar